Dampak Sampah Makanan (Food Waste) terhadap Ketahanan Pangan secara Berkelanjutan

4 Mei 2024

Pangan merupakan salah satu isu yang sangat penting dalam pembangunan, baik di skala nasional maupun global karena pangan merupakan bagian penting yang dibutuhkan setiap warga negara yang harus dijaga kualitas maupun kuantitasnya. Ketersediaan pangan yang kurang dari kebutuhan yang semestinya dapat menyebabkan tidak stabilnya perekonomian suatu negara dan dapat mengancam ketahanan pangan dalam skala nasional. Ketahanan pangan yaitu suatu kondisi terpenuhinya pangan bagi suatu negara yang dapat dilihat melalui ketersediaan pangan yang cukup, aman, bergizi, merata dan terjangkau supaya dapat memenuhi kebutuhan hidup secara berkelanjutan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan terpenuhinya ketahanan pangan, namun upaya tersebut belum bisa dikatakan optimal karena banyaknya faktor hambatan yang menyertai upaya upaya tersebut, seperti perubahan iklim, tingginya laju konversi lahan pertanian dan laju pertumbuhan penduduk, serta volatilitas harga pangan yang cenderung kurang menyebabkan sulitnya upaya peningkatan produksi pangan.

Upaya peningkatan produksi pangan sulit dilakukan karena tidak dibarengi dengan upaya pengurangan pemborosan pangan (food waste) yang cenderung meningkat. Pemborosan pangan terjadi karena kurangnya konsumsi pangan secara optimal, sehingga pangan tersebut menjadi “Sampah makanan” yang banyak memberikan dampak negatif, khususnya terhadap lingkungan. Perlu dilakukan penanganan lebih lanjut terkait masalah sampah makanan tersebut, supaya dapat tercipta ketahanan pangan yang berkelanjutan bagi generasi yang akan datang.

SUB-TEMA:

  1. Keanekaragaman genetik
  2. Keanekaragaman spesies
  3. Keanekaragaman ekosistem
  4. Etnobiologi and Sosial Ekonomi
  5. Ilmu dan Teknologi Hayati

WAKTU DAN TEMPAT:

Online Via Zoom
Hari/Tanggal: Sabtu, 4 Mei 2024
Waktu: 08.00-12.00 WIB

PEMAKALAH UTAMA (KEYNOTE SPEAKER)

  1. Prof. Dr. Prabang Setyono, S.Si., M.Si., C.EIA., Ir., IPM. (Universitas Sebelas Maret)
  2. Zuhud Rozaki, S.P., M.App.Sc, Ph.D (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

Keterangan: 

Panitia dapat memilih 1-2 naskah dari peserta yang paling sesuai dengan tema seminar nasional ini dan dengan latar belakang peneliti yang mencukupi untuk dipresentasian dalam plenary session bersama dengan para pemakalah utama. Setelah pelaksanaan seminar nasional, naskah presentasi dan biodata singkat peneliti akan diunggah pada laman ini sebagai pemakalah utama (keynote speaker).

TANGGAL PENTING

  1. Pendaftaran peserta non-pemakalah: s.d. 30 April 2024
  2. Pendaftaran pemakalah dan batas akhir pengiriman abstrak: 24 April 2024
  3. Pengumuman abstrak yang lolos untuk dipresentasikan: 25 April 2024
  4. Pembayaran awal (early bird): s.d. 26 April 2024 (23.59 WIB)
  5. Pembayaran reguler: 27 April – 1 Mei 2024 (23.59 WIB)
  6. Penerimaan naskah lengkap dan Media presentasi (PDF): 30 April 2024
  7. Pemberitahuan jadwal kegiatan: 1 Mei 2024
  8. Pelaksanaan Seminar Nasional Biodiversitas: 4 Mei 2024
  9. Batas akhir revisi terakhir naskah lengkap: s.d. 4 Agustus 2024
  10. Registrasi abstrak dan batas akhir pengiriman naskah lengkap untuk mahasiswa S1 yang mendaftar untuk presentasi secara bebas biaya (free of charge): 23 April 2024. Silakan kirimkan makalah abstrak dan teks lengkap Anda melalui email biodiversitas@gmail.com.
  11. Pemberitahuan naskah lengkap pada no. 10 yang lolos untuk dipresentasikan secara gratis: 25 April 2024

PEMBAYARAN

Pembayaran dilakukan melalui transfer ke BNI (Swift code: BNINIDJA), No. Rekening: 0356986994, atas nama: Dewi Nur Pratiwi. Bukti pembayaran mohon dikirim ke biodiversitas@gmail.com Ketentuan pembayaran sebagai berikut:

KategoriDetailEarly-bird s/d 26 April 2024 (23.59)Regular 27 April – 1 Mei 2024 (23.59 WIB)
PresenterMahasiswa S1/ Anggota MBIIDR 50,000*)IDR 100,000
 Mahasiswa S2/S3IDR 100,000IDR 200,000
 Dosen/Peneliti/UmumIDR 200,000IDR 300,000
 Naskah TambahanIDR 100,000IDR 100,000
PartisipanFREE

Catatan:

*) Kegiatan seminar ini gratis (free of charge) untuk mahasiswa S1 yang naskahnya siap untuk direview dan telah mengirimkan naskah lengkap sebelum tanggal 23 April 2024; Penerbitan naskah tetap dikenakan biaya:

  1. Naskah yang diterbitkan pada jurnal Biodiversitas(ScopusDOAJ) atau Nusantara Bioscience(ESCIDOAJ) mendapatkan rabat sebesar Rp. 500.000,-. Rabat ini tidak berlaku untuk naskah lengkap yang baru dikirimkan setelah 4 Agustus 2024 (tiga bulan pasca seminar) dan/atau disetujui untuk diterbitkan setelah 3 November 2024 (enam bulan pasca seminar).
  2. Penulis bertanggungjawab untuk menerjemahkan naskahnya ke Bahasa Inggris (U.S.) dengan mengundang professional translator atau native speaker.
  3. Naskah yang diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia (PSNMBI) (DOAJ, Microsoft Academic Search, Google Scholar) dikenakan biaya Rp. 250.000,-.
  4. Penerbitan naskah pada jurnal-jurnal MBI selain Biodiversitas dan Nusantara Bioscience adalah GRATIS. Daftar jurnal dapat diperiksa di sini smujo.id
  5. Penerbitan naskah dilakukan secara online. Edisi cetak tidak tersedia (pemakalah dapat mencetak sendiri secara print of demand; buku naskah lengkap berformat pdf disediakan sebulan setelah tanggal terbit).

——— *) Registrasi on the spot (dengan pemberitahuan) akan dikenakan tambahan biaya Rp. 100.000,

 ———**). Pembatalan dalam kurun waktu 10 hari menjelang pelaksanaan tidak berakibat refund. 

PENGIRIMAN ABSTRAK & REGISTRASI ONLINE

Pendaftaran peserta dan pengiriman abstrak dilakukan secara online dengan mengisi form pada tautan berikut:

https://forms.gle/aM3EDA6H4tfWsaA89

KETENTUAN ABSTRAK:

Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia. Panjang badan abstrak 200-300 kata. Abstrak terdiri dari judul (maks. 20 kata), nama lengkap semua penulis, alamat surat institusi semua penulis (khusus penulis untuk korespondensi dilengkapi dengan nomor telepon/faksimili dan email), badan abstrak (pernyataan, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan), dan kata kunci (maks. 5 kata).

PENGIRIMAN NASKAH LENGKAP

Pengiriman naskah lengkap dilakukan melalui online system, berikut:

2. Nusantara Bioscience disini: https://smujo.id/nb/about/submissions
3. Prosididng (PSNMBI) disini: https://smujo.id/psnmbi/about/submissions
4. Lainnya, mohon pilih disini: https://smujo.id/

Pemakalah yang tidak bermaksud mempublikasikan naskahnya pada jurnal Biodiversitas, Nusantara Bioscience atau Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia (ISSN: 2407-8050), maka TIDAK perlu mengirimkan naskah lengkap, cukup menyerahkan naskah presentasi dalam bentuk PDF pada saat pelaksanaan seminar, untuk dokumentasi panitia dan peserta yang memintanya. Naskah lengkap yang belum dipublikasikan adalah sepenuhnya rahasia milik penulis, sehingga tidak perlu dikirimkan kepada panitia/editor.

KETENTUAN NASKAH:

Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggris, pada template yang telah disediakan. Pada naskah lengkap, abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Panjang naskah 2000-2500 kata (dari pendahuluan hingga kesimpulan) untuk Short Communication dan sekitar 4000 kata untuk original reseach paper. Naskah hasil penelitian mengikuti pembagian judul, abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka. Sebanyak 80% pustaka dari jurnal ilmiah yang terbit dalam 10 tahun terakhir (pustaka taksonomi dikecualikan).

PRESENTASI

Naskah dipresentasikan secara oral.

  1. Presentasi akan dalam bahasa Indonesia.
  2. Presentasi oral dilakukan dalam bentuk “PDF” selama 5-7 menit.
  3. Setiap presenter dialokasikan waktu max. 10 menit untuk presentasi dan menjawab pertanyaan.
  4. Kirimkan file PDF melalui alamat email biodiversitas@gmail.com dengan subject [NAMA_JUDUL NASKAH]. Maksimal pada 30 April 2024

PENYELENGGARA

Kegiatan ini merupakan kerjasama dari beberapa pihak, yaitu:

  1. Masyarakat Biodiversitas Indonesia (MBI)
  2. Universitas Sebelas Maret (Program Studi Ilmu Lingkungan dan Program Studi S3 Biologi)
  3. Universitas Padjadjaran
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Nusa Cendana
  6. Biodiversitas, Journal of Biological Diversity (Scopus indexed journals)
  7. Nusantara Bioscience (ESCI indexed)